Apa Sih Yang Dimaksud Diet Detoks ?

27 September 2017 | 17:32



Diet detoks, disebut juga sebagai pembersihan, mungkin terdengar menarik: Siapa yang tidak ingin membersihkan tubuh mereka dari racun berbahaya ? Dorongan sosial di balik diet ini mengklaim bahwa racun dari makanan dan air terjebak dalam sistem pencernaan kita, dan bagian lain dari tubuh kita yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Ada banyak jenis diet detoks. Sebagian besar dimaksudkan untuk pembersihan tubuh jangka pendek. Diet detoks meliputi periode puasa, minum cairan saja, menghilangkan jenis makanan tertentu, suplemen herbal, atau bahkan konsumsi sayur dan buah saja untuk membersihkan usus Anda.

“Banyak diet detoks yang menghilangkan makanan olahan dan produk hewani sementara menekankan pada konsumsi buah-buahan segar dan sayuran lain, hal ini akan sangat baik bagi kesehatan usus dan sistem pencernaan”, jelas ahli gizi Debra J. Johnston, RD, Director Of Nutrition Services di Remuda Ranch, Wickenburg.

Berikut adalah beberapa contoh dari rencana detoks populer :

  1. Master Cleanse. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940-an, yaitu mengkonsumsi jus lemon, sirup maple, dan cabai rawit sampai dua minggu.
  2. Fast-Track Detox Diet. Diklaim dapat menurunkan berat badan hingga delapan kilogram dan mengeluarkan racun-racun penyebab kegemukan. Diet dimulai dengan makanan organik dan kemudian pindah ke jus buah dan biji-bijian psyllium atau flaxseed untuk merangsang kerja usus Anda menjadi lebih sehat. Diet Total berlangsung selama 11 hari.
  3. Jump-Start Juicer. Diet ini merupakan kombinasi tujuh hari penurunan berat badan dan membersihkan detoks. Diet ini didasarkan hanya makan buah dan sayuran mentah selama seminggu penuh.

Diet detoks juga memiliki manfaat lain sebagai berikut :

  1. Meningkatkan fungsi ginjal dan hati
  2. Meningkatkan energi dan vitalitas
  3. Membangkitkan pikiran dan jiwa
  4. Sebagai awal permulaan yang cepat dalam program penurunan berat badan
  5. Meningkatkan kemampuan untuk melawan berbagai penyakit . Everyday Health.

Untuk tujuan mendapatkan manfaat dari suatu program detoks secara OPTIMAL dengan meminimalkan dampak negatif yang mungkin terjadi bagi kesehatan selama detoks, maka kami tim konsultan nutrisi KK Indonesia menformulasi program “THE REAL DETOX by Vitayang RAW MEAL”. Program ini mengutamakan konsumsi makanan mentah (raw food) didukung dengan Vitayang Raw Meal 2-3 sachet sehari. Raw Food diformulasikan dari 48 jenis makanan mentah (raw food) yang ditanam secara organik sehingga dapat membantu tubuh melakukan detoks/pembuangan racun dengan maksimal baik toksin yang menumpuk dalam saluran pencernaan, toksin dalam darah, kulit maupun dibagian organ tubuh lain. Program ini tetap mempertimbangkan kebutuhan nutrisi basal sehingga sembari detoks tubuh juga dirangsang untuk memaksimalkan regenerasi/perbaikan. Setelah detoks daya cerna dan daya serap nutrisi akan menjadi lebih baik, regenerasi dan metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Dan berat ada akan menjadi ideal.